FADHILAH DH.


Berpacu menjadi yang terbaik

Perkuliahan 1 Sistem Cerdas

Assalamualaikum. Ini adalah materi pertama pada perkuliahan sistem cerdas di jurusan S1-Teknobiomedik dengan dosen bapak Soegianto. Saya mahasiswi S1-Teknobiomedik Universitas Airlangga Surabaya akan sedikit menjelaskan mengenai apa itu sistem cerdas dan sebagainya.

Kecerdasan Buatan atau Sistem cerdas atau Intelegensi Buatan (Artificial Inteligence) merupakan cabang terpenting dalam dunia komputer. Komputer tidah hanya alat untuk menghitung, tetapi diharapkan dapat mengerjakan segala sesuatu yang biasa dikerjakan oleh manusia. Manusia mempunyai pengetahuan, pengalaman dan kemampuan penalaran dengan baik, agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia. Oleh karena itu, komputer juga harus dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar. Kecerdasan buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam mempresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk symbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic. Metode Heuristik sendiri adalah teknik yang dirancang untuk memecahkan masalah yang mengabaikan apakah solusi dapat dibuktikan benar, tapi yang biasanya menghasilkan solusi yang baik atau memecahkan masalah yang lebih sederhana yang mengandung atau memotong dengan pemecahan masalah yang lebih kompleks atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.(Encyclopedia Britannica).

Dari perspektif kecerdasan. Ai adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia. Dari perspektif penelitian. Suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan manusia. Dua bagian utama yang sangat dibutuhkan untuk melakukan aplikasi kecerdasan buatan, yaitu :

a) Basis Pengetahuan (Knowledge base), berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dan yang lainnya.

b) Motor inferensi (Inference engine), yaitu kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.

Pada sistem cerdas dibagi menjadi 2 wilayah yaitu fix problem dan sensitive problem. Fix problem merupakan permasalahan yang dapat diselesaikan dengan hukum – hukum yang sudah pasti terjadi Sedangkan pada sensitive problem kebalikannya dari fix problem  yaitu permasalahan yang belum dapat di prediksikan. Selain itu, tujuan dari kecerdasan buatan sendiri antara lain yaitu :

* Membuat computer lebih cerdas

* Mengerti tentang kecerdasan

* Membuat mesn lebih berguna

Keuntungan kecerdasan buatan dibanding kecerdasan alami:

* Lebih bersifat permanen

* Lebih mudah dipublikasi atau disebarkan

* Lebih murah dibandingkan kecerdasan alami

* Bersifat konsisten

* Dapat didokumentasikan

* Dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan alami.

Sistem Cerdas yang banyak digunakan:

  1.  Sistem pakar ( Expert System)
  2. Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing)

Kesimpulannya dari pembahasan mengenai sistem cerdas yaitu sistem yang dapat mengadopsi sebagaian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan eksternal suatu sistem. Sebagian kecil dari tingkat kecerdasan itu antara lain: kemampuan untuk dilatih, mengingat kembali kondisi yang pernah dialami, mengolah data-data untuk memberikan aksi yang tepat sesuai yang telah diajarkan, dan kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli melalui perintah yang dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu.

Mohon maaf sebelumnya apabila ada kata-kata yang salah dalam pengerjaan. Terima kasih. Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :