FADHILAH DH.


Berpacu menjadi yang terbaik

perkuliahan ketiga (Embedded system,personal computer, internet protocol,Dns dan Android)

    Pada perkuliahan pemograman komputer pada tanggal 29 Mei 2012 membahas tentang Embedded system dengan personal computer, internet protocol(IP),DNS ( Domain Name System) dan Android. Pembahasannya sebagai berikut:

      Embedded system dapat kita temui dalam banyak bentuk. Dalam general purpose computer misalnya : menjalankan fungsi system operasi seperti UNIXkadang kita menjumpai aplikasi spesial purpose. Dalam perangkat hardware tertentu seperti ponsel, kita bisa menemukan OS yang hanya mampu menjalankan tugas-tugas tertentu sesuai dengan perangkatnya. Atau terkadang juga tertanam dalam hardware dengan Aplication-specific Integrated Circuit (ASIC) yang tidak membutuhkan OS dalam menjalankan fungsinya.          

Sebagai real time system, Embedded System memiliki 4 karakteristik yaitu single purpose, ukuran kecil, diproduksi dalam jumlah masal serta specific timing requirement.

     Embedded system adalah sebuah sistem komputer yang didesain untuk melakukan suatu pekerjaan khusus. Embedded system biasanya merupakan bagian dari perangkat yang lebih besar yang didalamnya terdapat hardware dan peralatan mekanik. Tidak seperti PC yang didesain fleksibel dan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna, embedded system mengontrol hardware dengan tugas yang khusus.

Tidak seperti sistem komputer yang di bangun di PC, embedded system relatif lebih cepat dalam runtime bahkan seringkali real time karena embedded system dibangun dengan bahasa pemrograman yang lebih dekat/dikenali oleh hardware.  PC tidak didesain untuk fungsi yang spesifik. Tetapi, PC mampu melakukan banyak hal.  Penting untuk diketahui bahwa komputer untuk tujuan umum(PC) juga disusun dari embedded system.  

Selanjutnya yaitu TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.

   TCP/IP juga diartikan sebagai sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet.

       Dilanjutkan pembahasan mengenai DNS adalah singkatan dari (Domain Name System), DNS yaitu sebuah sistem database yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan atau sumber daya yang terhubung ke jaringan internet atau jaringan komputer pribadi.  Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama domain (contoh: www.google.com) menjadi IP address (74.125.93.105), ketika mengetikkan nama domain suatu situs di browser  lalu menekan enter, browser akan mengecek apakah nama domain tersebut ada di cache DNS browser  (pernah anda buka situsnya sebelumnya), jika tidak browser anda tersebut akan menghubungi name server (server tempat DNS berada) yang digunakan oleh koneksi internet anda untuk kemudian menerjemahkan nama domain situs tersebut menjadi IP address.

Selanjutnya yaitu HTML atau HyperText Markup Language yang merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen dari web server ke dalam browser (Internet Explorer atau Netscape Navigator).

Konsep HTML
- Suatu bentuk dokumen ASCII atau teks biasa
- Membaca suatu dokumen tidak secara urut
- Penulisan tanpa tergantung pada suatu platform tertentu
- Isi dokumen HTML dapat ditampilkan secara text maupun grafis
- Diperlukan suatu aplikasi khusus yang disebut Web browser
 

 

 

Pengertian HTML dan fungsinya

Secara garis besar terdapat 4 jenis elemen dari HTML yaitu :

1. Structural adalah suatu tanda atau kode program yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah tulisan (contoh, <h1>Internet</h1> akan memerintahkan browser untuk menampilkan "Internet" sebagai tulisan tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1

 2. Presentational adalah suatu tanda atau kode yang menentukan tampilan dari sebuah tulisan, tidak peduli dengan level dari tulisan tersebut. (contoh : <b>Cetak Tebal</b> maka pada browser akan menampilkan "Cetak Tebal". Namun kode-kode presentational saat ini sudah mulai digantikan dengan penggunaan CSS (Cascading Style Sheets) dan tidak direkomendasikan lagi untuk mengatur tampilan tulisan.

  3. HyperText adalah suatu tanda atau kode program HTML yang menunjukkan hubungan (link) ke bagian lain dari dokumen tersebut atau link ke dokumen lain.

contoh : 

 <a href="http://dejavanta.blogspot.com/">Download software</a>

 

   4. Elemen adalah widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol <button>, list <li>, dan garis horizontal <hr>, Konsep hypertext pada HTML memungkinkan kita untuk membuat link pada suatu kelompok kata atau frase untuk menuju ke bagian manapun dalam World Wide Web (WWW).

 

Ada tiga macam link yang dapat kita gunakan :

  •  
    • Link menuju bagian lain dari page
    • Link menuju page lain dalam satu web site
    • Link menuju resource atau web site yang berbeda.

Selain markup presentational , markup yang lain tidak menentukan bagaimana tampilan dari sebuah tulisan. Namun untuk saat ini, penggunaan tag HTML untuk menentukan tampilan telah dianjurkan untuk mulai ditinggalkan, dan sebagai gantinya digunakan Cascading Style Sheets atau biasa disingkat CSS.

 

Contoh dokumen HTML sederhana adalah seperti di bawah ini :

 

<!DOCTYPE html>

<html>

  <head>

    <title>'''Hello World''</title>

  </head>

  <body>

    <p>Welcome to my site!</p>

  </body>

</html>


Untuk mencobanya dengan media yang paling sederhana,mengetikkannya pada media NOTE PAD yang ada di Windows

kemudian file anda simpan dengan format dokumen html. (contoh : test.html).
Maka ketika file test.html tersebut anda buka, maka file akan langsung mengarah pada web browser untuk membaca / menampilkan hasil dari perintah dokumen HTML tersebut. 

HEAD adalah bagian header dari document HTML di apit oleh tag <HEAD></HEAD> di dalam bagian ini biasanya dimuat tag TITLE yang menampilkan judul dari halaman pada titlenya browser. Selain itu Bookmark juga megunakan tag TITLE untuk memberi mark suatu web site.

 

Contoh :

<meta name="author" content="dejavanta">

 

Elemen Body adalah bagian body yang dinyatakan dengan tag <BODY>isi content</BODY>, merupakan tubuh atau isi dari dokumen HTML dimana anda meletakan informasi yang akan ditampilkan pada browser.

 

 Tag adalah HTML yang  tidak membedakan penggunaan huruf besar ataupun huruf kecil dari suatu elemen. Suatu elemen HTML terdiri dari tag-tag beserta teks yang ada dalam tag-tag tersebut. Tag ini dinyatakan dengan tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>). 

Tag biasanya merupakan suatu pasangan yang disebut dengan : 

1. Tag awal, yang dinyatakan dalam bentuk <nama tag> 

2. Tag akhir, yang dinyatakan dalam bentuk </nama tag>

 

Format : <nama tag> teks yang ditampilkan </nama tag> 

Contoh : Untuk menampilkan teks dalam format teks miring. misalnya untuk tampilan : Teks ini terlihat miring di browser anda. maka perintah HTML nya adalah :

 

<i>Teks ini terlihat miring di browser anda</i>

 

   Kemudian Resume tentang Android yang merupakan sebuah sistem operasi berbasis linux yang biasa digunakan untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Android sendiri berbasis open source (sumber terbuka) yang menandakan bahwa semua developer  melakukan pengembangan software (piranti lunak) sehingga lahir banyak aplikasi yang kreatif.

Macam - Macam Sistem Operasi Android

Android versi 1.1 

Pada 9 Maret 2009, Google merilis android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, pencarian suara, pengiriman pesan dengan GMail, dan pemberitahuan e-mail.

Android versi 1.5 (Cupcake)

1.5 Cupcake

Pada versi 1.5 Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake).

 

Android versi 1.6 (Donut)

1.6 Donut

Android Donut terdapat update untuk menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibandingkan sebelumnya, penggunaan baterai indikator, dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

 

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

2.0/2.1 Eclair

Terdapat beberapa perubahan yang ditujukan untuk pengoptimalan pada hardware. Perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukunganflash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

 

Android versi 2.2 (Froyo)

Terdapat perubahan pada Android versi 2.2, antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi dua sampai lima kali lebih cepat, integrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang dapat mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.



Android versi 2.3 (Gingerbread)

Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Adanya peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.   

Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

3.0/3.1 Honeycomb

 

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. Honeycomb juga mendukung multi-processor dan akselerasi hardware untuk pengolahan grafis yang lebih baik. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom.

Andoid versi 4.0 (Ice Cream)
Android versi 4.0 akan dirilis pada akhir tahun 2011 oleh Google.

 

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)
  2. http://www.infoteknologi.com/selular/apa-itu-android/
  3. id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)id.wikipedia.org/wiki/Sumber_terbuka 
  4. http://0ch4.wordpress.com/pengertian-tcpi.

1. arieanti ulfa

pada : 18 June 2012

"assalamualaikum mbak dilla :)
mbak mau tanya..
android versi 1.6 kalo dipakai di smartphone itu kerjanya gimana dibandingkan dengan yg versi 2.3?
kalo akses lebih cepat itu pasti.. tapi apa mungkin dikatakan 'jelek' jika smartphone dngan android OS 1.6?

makasih mbak :)"


2. Fadhilah D.H

pada : 18 June 2012

"assalamualaikum ulfa makasih buat pertanyaannya,saya akan menjawab pertanyaanmu mengenai cara kerja android versi 1.6 dibanding versi 2.3

android versi 1.6 disebut “Donut” cara kerjanya yaitu menambahkan kecepatan, peningkatan resolusi layar dan aplikasi kamera dan perekam lebih cepat dan baik.

penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lain yang terdapat pada versi ini adalah fungsi fitur untuk galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang hendak di hapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine;

kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA).
untuk menuliskan komentar pada foto dalam sebuah album, pengguna harus mengklik foto tersebut. Setelah itu, akan muncul barisan menu yang bisa dipilih.

Cara ini hampir sama dengan cara mengakses menu pada ponsel.
Ada pula dukungan Feed, Wall Updates, melihat dan berkomentar pada dinding teman, atau menampilkan serta mengomentari foto.

Tak hanya itu, terdapat 16 macam bahasa termasuk, bahasa Indonesia.

pada pertanyakan kedua apaka android versi 1.6 jelek menurut saya tidak karena setiap android memiliki manifaktur atau semakin maju aplikasinya contohnya versi 2.3 adalah

adanya penambahan toko musik online di Market.
- Perubahan user interface.
- mendukung tingkat resolusi yang lebih besar.
- Peningkatan fungsi Copy-Paste.
Tidak semua hp bisa diupgrade ke versi 3.0 ini, Spesifikasi minimum agar bisa diupgrade ke versi gingerbread adalah: Kapasitas CPU 1 GHZ, RAM 512 MB, diagonal layar minimal 3,5 inchi

terima kasih maaf apabila ada kata-kata yang salah....:)"


3. Zilvanhisna E.F

pada : 18 June 2012

"Dila... mau tanya, kira2 bagaimana membuat tulisan pada web/HTML berjalan kekanan/kekiri, berkedip atau sebagainya apakah itu juga berlaku pada gambar/image.
lalu kira-kira software apa yang pas untuk membuat HTML untuk orang yg baru belajar membuat HTML "


4. Fadhilah D.H

pada : 18 June 2012

"Assalamualaikum terima kasih atas pertanyaannya,saya akan menjawab pertanyaan zilvanhisna mengenai web/HTML

Marquee adalah menu tekst barjalan yang berfungsi untuk memperindah tampilan web, serta membuat pengunjung agar melihat taks tersebut. Teks ini seperti teks biasa yang sering dijumpai,hanya teks ini bisa bergerak kekanan,kiri,atas dan bawah.

Marquee mengunakan tag sebagai berikut : Diisi sesuai kehendak .jangan lupa di beri tanda penutup “/ ”.
Arti script yang akan di gunakan pada marquee:

DIRECTION "left, right, up, down" = Mengatur arah gerakan teks.
BGCOLOR "warna" = Untuk mengatur warna background teks.
BEHAVIOR "scroll, slide, alternate"= Untuk mengatur perilaku gerakan.
Scroll : teks bergerak berputar
Slide : teks bergerak sekali lalu berhenti
Alternate : teks bergerak dari kiri kekanan lalu balik lagi/ bolak-balik.
WIDTH "lebar" = Mengatur lebar blok teks dalam pixel atau persen.

Pada Gambar,caranya pertama anda bikin dulu image yang anda inginkan, lalu upload image tersebut ke situs layanan penyimpan image gratis,misalnya photobucket.com.

Kemudian dari photobucket anda akan mendapatkan URL dari image yg anda upload tersebut.Setelah itu,masukkan ke dalam scrip marquee(Berjalan) seperti yg ada diatas.

Berikut contoh script utk image Photo saya yg bergerak Ke kanan :




Sebagai permulaan coba Anda ikuti langkah-langkah berikut:
Buka aplikasi notepad atau wordpad dan ketik atau copy-paste kode HTML berikut:



HTML pertamaku


Ini adalah struktur dasar bahasa HTML.



Simpan file tersebut dengan nama "belajar HTML.txt".
Oleh karena notepad atau wordpad tidak bisa menyimpan file dalam format HTML, maka harus mengubah nama file tersebut menjadi "belajar HTML"


5. mirzaq

pada : 20 June 2012

"bagaimana proses dari transfer data dengan melalui IP address??"


6. Fadhilah D.H

pada : 21 June 2012

"Assalamualikum mirzaq saya akan menjawab pertanyaan dari anda:

Secara singkat, dalam sebuah proses pengiriman paket data, sebuah komputer pengguna (client computer) harus terhubung terlebih dahulu ke sebuah server agar bisa terhubung ke jaringan internet. Tugas server adalah mengatur akses serta mengirimkan paket-paket data dari dan ke internet. Yang menghubungkan komputer pengguna dengan server adalah protokol.

Pesan yang bersangkutan akan memulai perjalanan dari Application layer dan melanjutkannya ke TCP layer. Setiap paket akan diberi nomor port.
Setelah melalui TCP layer, paket akan melanjutkan perjalanan ke IP layer
proses pesan telah memiliki nomor port dan IP address serta siap untuk dikirim melalui internet.
Akhirnya, paket akan sampai di komputer tujuan, yaitu komputer dengan IP address
Disini,semua data routing (seperti IP address dan nomor port). Saat data tersebut sampai pada application layer, maka paket telah berubah kembali ke bentuk aslinya.

TCP / IP menggunakan tiga skema untuk tugas-tugas:

• Addressing: alamat IP mengirimkan data ke host yang benar.

• Routing: Gateway memberikan data ke jaringan yang benar.

• Multiplexing: Protokol dan nomor port mengirimkan data ke modul software yang benar dalam host.

terima kasih maaf bila ada kekurangan...:)"


7. Dyah wulan

pada : 23 June 2012

"Saya mau tanya ya mbak.... kenapa sih versi2 android itu diberi nama makanan, donut,froyo,jelly bean, ice cream.... terimakasih....."


8. Fadhilah D.H

pada : 23 June 2012

"assalamualiakum,saya akan menjawab pertanyyan dari dyah:
^sejarah penamaan android^:

Google memiliki ciri khas pada penamaan versi Android OS buatannya yaitu dengan memakai nama-nama hidangan penutup. Sebut saja nama-nama OS Android dari pertama kali dirilis, dimulai dari Cupcake (Android 1.5), Donut (Android 1.6), Eclair (Android 2.1), Froyo (Android 2.2), Gingerbread (Android 2.3), yang khusus untuk tablet, Honeycomb (Android 3.0), dan berikutnya Ice Cream (Android 2.4).

Penamaan dari Android OS ini diurutkan sesuai dengan urutan alfabet, yang dmulai dari C (Cupcake), D (Donut), E (Eclair), F(Froyo), G(Gingerbread), dan selanjutnya I (Ice Cream).

terima kasih maaf apabila ada kesalahan.....:)

"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :