FADHILAH DH.


Berpacu menjadi yang terbaik

perkuliahan kedua pemograman komputer

Perkuliahan pemograman komputer  mengenai :Mainboard,server,Ram,Pc dan Laptop, virus dan safe mode....:)

   Pada perkuliahan pemograman komputer tanggal 22 Mei 2012 membahas tentang yang pertama yaitu motherboard atau mainboard adalah papan utama dimana terdapat komponen-komponen yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk proccesor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Selain itu, dikatakan demikian karena Mainboard merupakan komponen atau elemen utama yang ada dalam CPU. Seperti yang dipaparkan fungsi Mainboard adalah sebagai media tempat untuk menghubungkan komponen-komponen hardware agar komputer dapat bekerja, juga merupakan media terbesar yang ada dalam CPU.

 

Pada mainboard terdapat salah satunya adalah CPU. CPU adalah central dari semua kegiatan computer seperti halnya otak, bila CPU ini tidak ada maka computer tidak akan tau apa yang harus dikerjakannya dan bisa dilihat dengan jelas CPU itu di letakan atau dipasang di CPU soket.

 

Kemudian dilanjutkan RAM yang artinya adalah tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga computer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC dalam beroprasi. Di mainboard RAM dipasang di RAM soket.

 

Bios merupakan singkatan dari Basic Input Output System.

Bios merupakan sebuah program atau software antarmuka tingkat rendah yang berfungsi mengendalikan atau mengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer.
Bios disimpan atau ditanamkan di ROM ( read only memory ).

 

Setiap Motherboard memiliki yang namanya Bios, dan bila bios ini rusak maka kemungkinan besar motherboard tidak dapat digunakan kembali ( kecuali bios di install ulang atau di upgrade ).  Bios ditanamkan di ROM, maka kemungkinan kita hanya bisa merubah pengaturan yang telah ada, misalkan kita merubah besarnya memory yang digunakan untuk VGA yang berjenis on board, atau mengubah waktu dan tanggal, serta mengubah settingan dasar lainnya.

 

Namun,  yang paling sering dirubah dan perlu diketahui yaitu merubah urutan booting, dan mengecek ada tidaknya suatu komponen komputer yang kita pasang misalkan, kita memasang harddisk di komputer , dan setelah kita cek dibios tidak ada harddisk maka kemungkinan harddisk tidak terpasang dengan benar, jadi bios ini sangat penting peranannya bagi jalannya sistem komputer. ROM dapat menyimpan data tanpa membutuhkan daya. Itulah sebabnya data dalam ROM tidak akan hilang walaupun komputer mati.

 

Sedangkan RAM membutuhkan daya agar dapat menyimpan data, jika RAM tidak mendapatkan daya, dengan sendirinya tidak akan dapat menyimpan data. Hal inilah yang menyebabkan data yang terdapat dalam RAM secara otomatis akan hilang bila komputer mati (off). Ada berbagai macam merek Bios, tergantung motherboard yang kita pakai . Yang terkenal yaitu, AMI BIOS, Phoenix BIOS, dll.

 

   Dilanjutkan Server merupakan jantungnya kebanyakan Jaringan yang merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalam nya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan. Sebuah server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara komponen dalam suatu jaringan, contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu komponen, ke komponen yang lain, atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang lain, terlihat bahwa tugas server sangat kompleks, dia juga harus menyimpan informasi dan membaginya secara cepat.

 

    Kemudian pembahasan mengenai virus. Virus dibagikan menurut cara ia berjangkit dan merusakkan sistem atau fail serta jumlah kerusakan yang dihasilkan oleh virus. Walaupun setiap dari virus itu berjenis-jenis dan menghasilkan kerusakan yang berlainan tetapi ia tetap membahayakan dan mampu merusakkan data, misalnya menjangkit fail .EXE dan .COM yang berpasangan. Jika ada fail .COM yang menggunakan fail .EXE sebagai pasangan fail ketika dijalankan. Virus akan menjangkit fail .COM tanpa disedari dan mencipta fail lain seakan fail .EXE iaitu pasangan kepada fail .COM tersebut.

 

   Pada Safe mode adalah opsi pilihan start up windows yang fungsi utamanya menangani jika ada masalah dengan sistem. Windows akan berjalan dengan kondisi minimal, hanya file-file dan driver yang penting saja yang di aktifkan, termasuk juga software-software tambahan sebagian besar tidak diaktifkan. Kemudian ketika sudah masuk safe mode, maka akan tampak tulisan “Safe Mode” di pojok atas windows.

 

http://www.scribd.com/doc/25184494/1-Pengertian-Dan-Fungsi-Motherboard

http://trimedia-online.blogspot.com/2007/11/mengoptimalkan-bios-pada-pc.html

http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.definisi/pengertian-server.html

 


1. Fadhlin Amalia Arif

pada : 29 May 2012

"Dil, mau tanya, maksudnya urutan booting itu bagaimana yaa..? kalau mengubah urutannya itu apa memang bisa?"


2. Annisa Aulia Rahmah

pada : 29 May 2012

"Bagaimana tentang server yang berperan dalam sistem pengamanan komputer ?"


3. fadhilah dwiestri handayani

pada : 29 May 2012

"jawaban :

Booting dapat diartikan sebagai proses untuk menghidupkan komputer sampai sistem operasi mengambil alih proses.
Sedangkan untuk perubahan urutan nya yaitu:

Urutan Proses Booting :

1. Saat komputer dihidupkan, processor menjalankan BIOS, dan kemudian BIOS melakukan POST (power-on-self test), yaitu memeriksa atau mengecek semua hardware yang ada. Kegiatan ini bisa dilakukan, jika setting BIOS benar.

2. BIOS akan mencari disk boot untuk menjalankan sistem operasi.
3. Sistem operasi berjalan dan siap digunakan.

terima kasih amel...:)"


4. Fadhilah D.H

pada : 04 June 2012

"server yang berperan dalam sistem pengamanan komputer maksudnya adalah server yang digunakan untuk kepentingan publik sehingga diperlukan pengaman. Sistem keamanan defaultnya sudah disediakan dan memberikan respon ketika di request...:)

terima kasih annisa..."


5. Fadhilah D.H

pada : 15 June 2012

"Pada pertanyaan annisa aulia rahman,menurut saya server yang digunakan untuk sistem pengamanan komputer itu yang dimaksud ketika seseorang memiliki suatu privasi server akan berperan sebagai sistem pengamanan,contohnya ketika di publik akan menjadi bagian yang penting yang digunakan sebagai pengaman dari server seseorang tersebut.....:)

terima kasih annisa...:)"


6. Merrinda Putri A.s

pada : 29 June 2012

"mau tanya,jika terdapat kerusakan motherboard biasanya ciri-cirinya apa?

Terima Kasih.."


7. Fadhilah D.H

pada : 29 June 2012

"Assalamualaikum...
saya akan menjawab pertanyaan dari rinda mengenai ciri-ciri kerusakan pada motherboard. Ciri-cirinya antara lain:

Ciri-Ciri Kerusakan dan Solusi Pada Motherboard:

Sering terjadi hang
Penyebab :

a Memory tidak cocok
b Ada virus di harddisk
c Over Clock
d Ada bad sector di harddisk
e Software mengalami crash
f Hardware mengalami konflik (adanya penambahan hardware baru)
g Konflik antar hardware sering terjadi pada sistem operasi windows

Solusi :

a Ganti Memori
b Scan harddisk
c Seting kembali clock prosesor
d Partisi harddisk dengan benar
e tekan ctrl + alt + del >> klik End task program yang “Not Responding”
f install ulang windows anda, tetapi yang perlu diingat sebelum reinstall windows anda, lepaskan dulu hardware baru anda
g alankan fasilitas “add new“ hardware yang terdapat pada control panel .

Terima Kasih.....:)
maaf apabila ada kesalahan ya...:)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :