FADHILAH DH.


Berpacu menjadi yang terbaik

perkuliahan pertama pemograman komputer

Pada Perkuliahan tanggal 15 Mei 2012 dengan  mata kuliah pemograman komputer membahas tentang Operator System.

Kata operator System atau yang kita kenal Os sering kita dengar tapi belum begitu mengerti makna nya. Pengertian Sistem operasi Komputer atau operator system adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

 

Selain itu, Sistem Operasi komputer atau operator systen ( OS) merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk). Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software.  Contoh-contoh dari Operator System adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain. Di bawah ini merupakan tampilan antarmuka sistem operasi Windows 7, Linux (ubuntu), dan Mac OS X.

 

    Sebenarnya DOS Era Sebelum Windows, MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows

Contoh  linux Ubuntu seperti KDE, Gnome, XFCE dst. Juga banyak jenisnya seperti UBUNTU, MANDRIVA, DEBIAN, GOOGLE OS dst.

Kemampuan Operator system :

  • Sebuah sistem operasi adalah antarmuka antara pengguna dan komputer.
    Menyediakan jembatan antara hardware dan aplikasi, menciptakan sistem file untuk menyimpan,Mengatu,Menafsirkan perintah pengguna.
  • Sistem operasi memiliki persyaratan minimum untuk hardware.

Operator System secara umum terdiri dari beberapa bagian :


1.Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel.


2.Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah :Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux(Unix).


3.Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.


4.Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

 

http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q=Pengertian+operator+system

http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q=macam-macam+operator+system

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   ">